5 Virus Komputer Paling Berbahaya

1. ILOVEYOU
Virus ini dianggap sebagai salah satu cacing komputer paling berbahaya dalam sejarah.ILOVEYOU pertama kali terdeteksi di Filipina pada tanggal 4 Mei. Hanya dalam satu hari, worm ini telah menyebar di seluruh dunia. Namanya berasal dari subyek email yang diterima pengguna. Email lampirannya disertakan kata “LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs“. Jika diaktifkan, worm ini mengubah semua file pada host. Selain itu, worm ini mengirimkan copy dirinya ke setiap orang dalam daftar kontak user.

2. Melissa
Virus ini dibuat oleh David L. Smith pada tahun 1999. Basicnya adalah Microsoft Word macro. Virus ini menyebar via email dengan dokumen “Here is that document you asked for, don’t show it anybody else“. Jika sampai dibuka, virus akan mereplikasi dan otomatis mengirim ke-50 alamat email di address book email. Pembuat virus ini dipenjara 20 bulan dengan denda $5000 dan dilarang mengakses komputer tanpa pengawasan.

3. Nimda
Virus ini muncul pada tahun 2001. Nama virus ini adalah kebalikan dari kata “admin“. Penyebaran virus ini sangat cepat. Menurut TruSecure CTOPeter TippetNimda hanya membutuhkan waktu 22 menit untuk menjadi Top Ten Virus saat itu. Nimda akan membuat backdoor ke OS yang telah terinfeksi. Jadi, penyerang bisa mengakses server dan berbuat apa saja.

4. Sasser and Netsky
Pencipta virus ini adalah anak Jerman berumur 17 tahun, Sven Jaschan. Sasser menyerang Microsoft WIndows. Sasser ini tidak menyebar via email, tetapi jika satu komputer terkoneksi ke komputer yang kena virus ini, Sasser akan menyebar. Efek virus ini adalah komputer tidak bisa di-shutdown tanpa cabut power. Netsky menyebar melalui email attachment file dengan ukuran 22 Kb dan jaringan Windows. Virus ini juga bisa mengakibatkan serangan DOS. Pembuatnya, Sven Jaschan , tidak bisa dipenjara karena umurnya masih dibawah umur 18 tahun.

5. Conficker/Downaup/Kido
Virus paling baru dan mematikan adalah conficker atau disebut juga dengan Downaup atau Kido. Virus ini memiliki varian, yaitu Win \32/Conficker. D, dan Win32 Conficker. E. Perusahaan security F-Scure menyatakan bahwa virus ini telah menginfeksi komputer sebanyak 3.500.000 diseluruh dunia dan terus meningkat. Virus ini menjadi virus yang paling cepat menyebar.

Other articles you might like;

Comments

comments

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*