Mengatasi Error Halaman Kosong atau Blank Page

Blank page atau error halaman kosong sering terjadi diblog dengan CMS WordPress. Error ini ditandai dengan munculnya halaman kosong pada url tertentu atau blog sama sekali tidak bisa dibuka karena yang keluar hanya tampilan halaman putih kosong (blank screen). Penyebab error blank page kadang susah ditemukan karena dilayar tidak tampil tulisan eror apapun. Hal ini juga yang menyebabkan masalah ini sulit diperbaiki meskipun anda sudah meredirect halaman not found 404 ke homepage tapi halaman tetap kosong, dan kadangkala jika sudah mentok tanpa solusi pada akhirnya keluar senjata pamungkas dengan cara install ulang script WordPress ke hosting. Sebelum itu terjadi sebaiknya coba pahami dahulu kenapa error blank page bisa terjadi dan cara penanganannya agar anda tidak repot dan yang paling penting supaya blog tidak kehilangan pengunjung.

Berikut ini kemungkinan penyebab dan solusi mengatasi Error halaman kosong:

  1. Gangguan hosting tempat anda menyimpan file blog, coba tanyakan ke CS webhosting yang anda sewa apakah ada gangguan di server mereka.
  2. Gangguan database wordpress. Gangguan ini bisa dari adanya gangguan dari hosting maupun script wordpress misalnya blank setelah upgrade WordPress ke versi yang lebih tinggi. Untuk itu sebelum update WordPress ada baiknya backup database terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika error terjadi. Istilahnya sedia payung sebelum hujan bukan begitu?.
  3. Theme atau template wordpress yang bermasalah. Jika url halaman kosong masih terjadi coba ganti dulu thema blog ke template standar dari wordpress.
  4. Plugin WordPress. Mungkin ini yang sering terjadi, saya pernah mengalami error blank itu gara-gara sering gonta ganti plugin yang kemungkinan bertabrakan dengan plugin lain. Bisa jadi suatu plugin belum disempurnakan atau terlambat diupdate apalagi mengingat update WordPress yang begitu cepat yang tidak dibarengi dengan update plugin. Atau yang lebih parah jika plugin sudah tidak lagi disupport atau diupdate oleh si pembuatnya lebih baik tidak usah dipasang.Jika error masih terjadi coba deactive atau non aktifkan dahulu semua plugin lalu aktifkan satu persatu sambil dilihat perubahannya, nah dari situ anda bisa mengetahui plugin mana yang menyebabkan error.

Mengenai plugin saya masih ingat yang membuat error blank waktu itu adalah plugin better related posts, plugin ini sempat membuat blank beberapa url artikel yang sudah lama karena anehnya artikel baru tidak ada masalah. Jadi sebelumnya saya tidak sadar kalau ada error pada beberapa artikel karena jarang buka-buka artikel yang sudah lama dan setelah plugin ini di nonaktifkan masalah dapat teratasi. Mulai sekarang coba cek artikel lama diblog anda barangkali ada alamat yang blank dan coba cari penyebabnya, sekian semoga bermanfaat.

source

Other articles you might like;

Comments

comments

39 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*